Belimbing Berantas DBD!!

BELIMBING – Banyak korban meregang nyawa akibat demam berdarah dengue (DBD) di Kota Bontang. Jumlah kasus meningkat. Sejumlah pasien DBD saat ini juga mulai banyak ditangani di rumah sakit. Pemkot menyatakan perang terhadap nyamuk aedes aegypti sebagai pembawa virus dengue.

Kelurahan Belimbing ternyata menempati urutan kelima dengan jumlah korban DBD terbanyak di Kota Bontang, dengan cakupan wilayah korban terbanyak adalah di sekitar KM3 dan KM6. Bersyukur, hingga saat ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun, untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah penderita DBD, Kelurahan Belimbing gencar melakukan fogging dan sosialisasi pemberantasan nyamuk aedes aegypti.

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai lini, mulai dari Perusahaan PT Pupuk Kaltim yang membantu memfasilitasi fogging, sosialisasi dari pihak Puskesmas Bontang Barat, hingga Camat dan Lurah Belimbing langsung mendampingi kegiatan fogging, supaya tepat sasaran. Kerja baktipun dilakukan secara rutin tiap minggunya dengan melibatkan masyarakat sekitar, staf kelurahan Belimbing, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Bamatwil serta Lembaga Masyarakat di Kelurahan Belimbing (Pokja Sehat, Karang Taruna, PKK). Titik sasaran utamanya adalah wilayah KM3 (RT 40, 41, 42, 50, dan 51) dan KM 6 (RT 43 sampai dengan RT 49).

Lurah Belimbing, M. Ihsan, S.STP kembali mengingatkan warga bahwa selain fogging, perilaku masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menerapkan 3M Plus menjadi kunci utama. Harapannya jumlah korban DBD semakin menurun dan warga Kelurahan Belimbing terbebas dari horor DBD yang kian mewabah.

– DWI –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *